NASA Info :

STOP...!! WASPADAI PRODUK TIRUAN, Pastikan belanja dari AGEN / DISTRIBUTOR RESMI NASA
Terhitung mulai 1 Juni 2016 PT Natural Nusantara melakukan penyesuaian harga baru untuk produk Agrokompleks. Untuk memperoleh kepastian harga baru, seilahkan menghubungi admin kami di nomor 081991144085

Terimakasih,
Admin N-386159

Cara Mengatasi Daun Keriting pada Tanaman Cabe

N-386159 Eko N Nasa 0 comments

Cara Mengatasi Daun Keriting pada Tanaman Cabe dengan Produk NASA - Salah satu penyebab tidak maksimalnya budidaya cabe adalah terjadinya Daun Keriting pada tanaman. Tentu ini akan menurunkan tingkat produktifitas tanaman tersebut untuk berbunga dan berbuah. Untuk dapat mengatasinya kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja faktor yang menyebabkan Daun menjadi keriting. Beberapa fartor tersebut antara lain adalah :

  • Serangan Hama Trips

    Hama trips tanaman cabe
    Thrip merupakan hama yang sangat menganggu terutama pada daun tanaman termasuk cabai hama ini bsa menjadi perantara (vector) yang baik berbagai penyakit virus. Hama trips merupakan penyebab terbesar terjadinya daunkeriting pada daun cabe. Gejala yang ditimbulkan oleh trips pada daun cabe adalah adanya daun keriting dengan bentukan lekukan menggulung ke atas. Biasanya serangan trips diikuti dengan gejala rontoknya bunga cabe. Pada permukaan daun bagian atas biasanya juga terdapat lapisan mengkilap seperti perak. Hama tanaman ini sangat mudah dilihat kasat mata pada bunga-bunga tanaman cabe dan di dalam gulungan daun cabe, berbentuk kecil memanjang seperti semut hitam dengan warna ada yang hitam dan hijau.
  • Serangan oleh Tungau

    Hama tungau tanaman cabe
    Tungau adalah sekelompok hewan kecil bertungkai delapan yang, bersama-sama dengan caplak, menjadi anggota superordo Acarina. Jenis hama ini menyerang dengan gejala yang khas, yaitu daun yang terserang akan melengkung ke bawah dengan rapih. Serangan tungau biasanya terjadi pada daun yang ketiga sampai ke bawah. Jika daun yang menggulung dibuka dan diperhatikan secara teliti maka permukaan daun bagian bawah akan terdapat binatang yang sangat lembut sekali yang bergerak secara perlahan-lahan. Biasanya tungau yang berada pada permukaan daun tersebut berwarna hijau.
  • Disebabkan karena Virus

    Virus yang juga menyerang pada tanaman cabe adalah disebarkan oleh hama vektor myzus dan bermisia (kutu kebul). Kutu Daun (Myzus persicae) tergolong dalam family Aphididae, hama ini merupakan serangga super kecil (ukurannya 1/32 sampai 1/8 inci) Walaupun kecil, tapi masih bisa dilihat dengan mata telanjang. Kutu daun ini berwarna hijau tua sampai hitam atau kuning kecoklatan. Hama ini termasuk polifag. Kutu daun betina mampu menghasilkan keturunan tanpa kehadiran pejantan.
    Jika virus menyerang pada tanaman cabe akan memberikan gejala yang bermacam-macam sesuai dengan jenis virusnya. Salah satu gejala yang diakibatkan oleh virus tanaman cabe adalah adanya daun tanaman cabe yang menggulung atau keriting. Keriting daun yang disebabkan oleh virus dapat dibedakan dengan penyebab lain karena virus ini akan menyebabkan sebagian besar daun cabe menggulung. Hal ini berbeda dengan gejala yang diakibatkan oleh trip atau tungau yang akan menggulung tanaman cabe hanya daun bagian ujung saja. Gejala keriting daun oleh virus kadang-kadang juga diikuti oleh kerdilnya tanaman serta berubahnya warna daun.

Ada poin yang penting dengan terserangya hama tersebut, daun keriting menyebabkan berkurangya cairan pada tanaman, hal ini terjadi karena isapan hama trips dan tungau. Untuk mengatasi beberapa serangan dan gejala yang ditimbulkan oleh hama tersebut diatas yang menyebabkan daun pada tanaman keriting, maka perlu dilakukan beberapa tindakan untuk mengendalikannya, antara lain:

  1. Melakukan sanitasi lingkungan dengan cara membersihkan gulma dilahan dan likungan sekitarnya.
  2. Menggunakan mulsa plastik berwarna hitam perak
  3. Menghindari jarak tanam yang terlalu dekat.
  4. Mengendalikan vektor sebagai tindakan pencegahan terhadap virus 
  5. Menggunakan Produk NASA yaitu PENTANA sebagai penanggulangan terhadap hama thrips dan tungau.
    Natural PENTANA adalah Pengendali hama organik pelindung tanaman alami merupakan salah satu alternatif pengendali hama khususnya Thrips sp., Aphis sp., Kutu-kutuan (kutu kebul, kutu putih dan lain-lain) yang efektif, efisien dan ramah lingkungan. Dibuat dari saripati beberapa tumbuhan khusus dengan proses alami.
  6. Menambahkan Pupuk GREENSTAR pada saat aplikasi pestisida, hal ini ditujukan untuk mempercepat pemulihan.
    GREENSTAR Merupakan pupuk organik yang murni dibuat dari bahan-bahan organik dengan fungsi multiguna. Kandungan unsur hara yang terkandung di dalamnya baik unsur macro maupun micro sangat berperan dalam perkembangan tanaman.
  7. Kriting cabai bisa juga karena cuaca ekstrim dan juga karena kutu-kutuan yang menghisap cairan daun-daun pada pucuk (yang berpotensi membawa virus).

    Semprotkan PENTANA 4-5 tutup/tangki ditambah dengan sepertiga tutup Aero-810 /tangki. Interval waktu dilakukan 2x seminggu.

Untuk Informasi Produk NASA/ Konsultasi atau Pemesanan, silahkan menghubungi kami :
Distributor Resmi NASA N-386159
SMS/WhatsApp: 081991144085
BB Pin: 74f905bb
Email: indonaturalplus[at]gmail.com




TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA
Post: Cara Mengatasi Daun Keriting pada Tanaman Cabe
By: Eko N Nasa
Rating: 5 dari 5
Untuk Info Poduk dan Pemesanan:
Silahkan CALL/SMS: 081-991144-085 atau BB Pin: 74F905BB
http://www.indonaturalplus.com/2015/01/cara-mengatasi-daun-keriting-pada-tanaman-cabe.html
Memuat...
Copyright©2014 Agen Resmi Produk NASA | Pupuk Organik.