NASA Info :

STOP...!! WASPADAI PRODUK TIRUAN, Pastikan belanja dari AGEN / DISTRIBUTOR RESMI NASA
Terhitung mulai 1 Juni 2016 PT Natural Nusantara melakukan penyesuaian harga baru untuk produk Agrokompleks. Untuk memperoleh kepastian harga baru, seilahkan menghubungi admin kami di nomor 081991144085

Terimakasih,
Admin N-386159

VITERNA NASA Mencegah Gangguan Pernafasan Pada Ayam

N-386159 Eko N Nasa 0 comments
Kebutuhan daging ayam di indonesia kian tahun semakin meningkat, ini seiring dengan pertumbuhan ekonomi indonesia yang terus membaik. Konsumsi ayam ras pada tahun 2013 mencapai 2,2 miliar ekor. Jumlah tersebut naik 15,79% dibandingkan konsumsi ayam ras sepanjang 2012 sebanyak 1,9 juta miliar ekor. Merupakan potensi besar peternakan ayam broiler di Indonesia yang sangat diminati oleh masyarakat hingga saat ini.

VITERNA NASA Mencegah Gangguan Pernafasan Pada Ayam - Dari potensi yang luar biasa tersebut, hal yang masih menjadi kendala atau tantangan bagi peternak ayam broiler adalah serangan penyakit yang cukup sering terjadi pada ayam. Salah satu yang sering menyerang ayam broiler adalah penyakit pernafasan. Beberapa penyakit yang muncul dari gangguan pernafasan seperti CRD, Korisa, ND, AI dan IB.


Penyebab gangguan pernafasan pada ayam bisa disebabkan 2 hal yaitu Faktor non infeksius. Faktor non infeksius seperti sirkulasi udara dalam kandang yang tidak lancar, kepadatan ayam yang terlalu tinggi, jarak antar kandang terlalu dekat, kandang terlalu dekat dengan tebing atau telalu banyak pepohonan sehingga mengakibatkan pembuangan udara kotor dan gas-gas beracun seperti amonia menjadi terhambat.

Faktor infeksius (Medion, 2013). Faktor non infeksius pada gangguan pernafasan bisa disebabkan karena pakan yang diberikan ke ayam tidak seimbang, terutama kadar protein dan garam.  Kadar protein dan garam yang tinggi pada pakan serta litter (alas kandang) yang terlalu basah memacu munculnya gas amonia yang akan mengganggu pernafasan ayam. Gangguan pernafasan yang disebabkan oleh faktor infeksius terjadi dari serangan virus (ND, AI, IB dan ILT), bakteri (CRD, Korisa) maupun jamur Aspergillosis sp. (Medion, 2013)

Tindakan pencegahan terhadap penyakit-penyakit pernafasan tersebut dapat dilakukan dengan beberapa hal yaitu :
  1. Menciptakan kondisi yang nyaman pada kandang dan sekitarnya, seperti mengatur kelancaran sirkulasi udara sehingga gas amonia dalam kandang berkurang, menambahkan kipas angin atau blower untuk membantu sirkulasi udara.
  2. Melakukan vaksinasi secara teratur sesuai jadwal.
  3. Menerapakan program biosecurity yaitu pelaksanaan sanitasi dan desinfeksi secara rutin.
  4. Memberikan VITERNA sebagai multivitamin, VITERNA mengandung vitamin dan mineral lengkap untuk meningkatkan daya tahan tubuh ayam sehingga tidak mudah terserang oleh penyakit. Diberikan bersamaan dengan air minum.
  5. Upayakan kandang penyimpan pakan tidak terlalu lembab.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA
Post: VITERNA NASA Mencegah Gangguan Pernafasan Pada Ayam
By: Eko N Nasa
Rating: 5 dari 5
Untuk Info Poduk dan Pemesanan:
Silahkan CALL/SMS: 081-991144-085 atau BB Pin: 74F905BB
http://www.indonaturalplus.com/2014/12/viterna-nasa-mencegah-gangguan-pernafasan-pada-ayam.html
Memuat...
Copyright©2014 Agen Resmi Produk NASA | Pupuk Organik.