NASA Info :

STOP...!! WASPADAI PRODUK TIRUAN, Pastikan belanja dari AGEN / DISTRIBUTOR RESMI NASA
Terhitung mulai 1 Juni 2016 PT Natural Nusantara melakukan penyesuaian harga baru untuk produk Agrokompleks. Untuk memperoleh kepastian harga baru, seilahkan menghubungi admin kami di nomor 081991144085

Terimakasih,
Admin N-386159

Pergantian Air Pada Kolam Budidaya Ikan

N-386159 Eko N Nasa 0 comments

Satu hal yang cukup penting di lakukan dalam sarana budidaya Ikan atau Udang pada kolam adalah metode pergantian  air.

Budidaya NASA

Menilik dari trend Perikanan Organik yang semakin menjadi tuntutan untuk menghasilkan produk perikanan bermutu yang aman, sehat, bergizi dan tetap menjamin kelestarian lahan budidaya. Untuk itu diperlukan sarana produksi yang ramah lingkungan dan cara budidaya perikanan yang benar.

Salah satu hal  yang harus diperhatikan untuk berbudidaya yang benar adalah harus mengetahui teknik Pergantian Air yang tepat. Tepat artinya harus melihat kondisi air kolam saat budidaya berlangsung.

Pergantian air kolam diperlukan jika memang harus ganti air, artinya kita melakukan ganti air jika memang kondisi air pada saat itu mengharuskan untuk diganti.  Air yang berkualitas jelek disebabkan oleh penumpukan hasil penguraian bahan organik yang masuk ke kolam. Bahan organik tersebut berupa kotoran ikan, ikan yang mati, pakan yang tidak termakan, plankton yang mati dan tumbuh-tumbuhan air yang mati jika ada. 


Berikut adalah ciri-ciri air dengan kualitas jelek pada budidaya ikan dan harus di lakukan pergantian air,


  • Air Berbusa
    Jika air kolam budidaya telah berbusa, hal ini menunjukkan sudah tingginya timbunan bahan organik yang ada di kolam, sehingga harus dibuang. Karena timbunan bahan organik tersebut berada di dasar kolam, maka yang harus dibuang adalah air bagian bawah tersebut. Pada kolam tanah sebisa mungkin dibuat saluran pembuangan di bagian tengah yang memungkinkan bisa membuang timbunan bahan organik di dasar  kolam. Jika tidak bisa membuat saluran pembuangan tersebut, pembuangan bisa dilakukan dengan pompa penyedot air. Pada kolam bak juga harus dibuat konstruksi berupa saluran pembuangan air bagian bawah.
  • Air Kotor
    Ada beberapa material yang dapat mengotori kolam dan hal ini bisa mengganggu kehidupan ikan atau udang, sehingga harus dibuang dan airnya diganti yang baru.
  • Air Pekat
    yang dimaksud dengan air pekat adalah jika air sudah penuh dengan bahan-bahan yang terlarut, misalnya lumpur, material pencemar lain dari luar.

Dengan menjaga kualitas air kolam agar senantiasa baik selama proses budidaya maka kita bisa tidak melakukan ganti air selama budidaya. Pemakaian PUPUK organik TON dan pemakaian probiotik yang tepat akan selalu menjaga kualitas air budidaya, sehingga bisa meningkatkan tingkat keberhasilan budidaya.


Terkait:
Cara Pakai TON untuk Ikan dan Udang
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA
Post: Pergantian Air Pada Kolam Budidaya Ikan
By: Eko N Nasa
Rating: 5 dari 5
Untuk Info Poduk dan Pemesanan:
Silahkan CALL/SMS: 081-991144-085 atau BB Pin: 74F905BB
http://www.indonaturalplus.com/2014/11/pergantian-air-pada-kolam-budidaya-ikan.html
Memuat...
Copyright©2014 Agen Resmi Produk NASA | Pupuk Organik.